Selasa, 02 April 2013

Pertanyaan dari sobat Ceban ;)



Pertanyaan:

1)     Menurut Anda, sejauh apa peran media sosial dapat mendorong terjadinya inisiasi perubahan sosial di masyarakat?
2)    Faktor apa sajakah yang dapat menjadi kunci penting dalam mentransformasikan informasi yang ada menjadi aksi perubahan?
3)        Berikan beberapa contoh kasus tentang bagaimana peran media sosial dapat menjadi pemicu aksi perubahan di Indonesia!

Jawaban:

1)    Menurut CeBanBatavia, peran media sosial sudah cukup baik dalam mendorong terjadinya inisiasi perubahan sosial di masyarakat. Akan tetapi, perubahan sosial melalui media sosial dirasakan belum mampu menjangkau semua kalangan masyarakat seperti para lansia yang enggan menggunakan media sosial sebagai sarana bertukar informasi, beberapa masyarakat di pedesaan terpencil yang belum mendapat jaringan internet. 
2)     Faktor-faktor yang dapat menjadi kunci penting dalam mentransformasikan informasi yang mendorong terjadinya aksi perubahan:
            - Isu tersebut berkaitan dengan kepentingan masyarakat secara luas
- Memiliki visi dan misi dalam jangka pendek dan panjang bagi kebaikan masyarakat
- Informasi yang diberikan kredibel, faktual, aktual
- Isu tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat secara luas
3)    Contohnya adalah gerakan “Koin Cinta untuk Bilqis” pada tahun 2010. Pada tahun tersebut, terdapat akun facebook yang menggerakkan masyarakat untuk mengumpulkan uang koin untuk pembiayaan pengobatan Bilqis. Bilqis yang lahir pada 20 Agustus 2008 ini baru diketahui mengidap Atresia Bilier saat usianya menginjak 2 minggu. Sekujur tubuhnya menghitam dan kekuningan. Perutnya buncit dan gatal diseluruh tubuhnya. Kotorannya pun berwarna kuning pucat. Sejak terbentuknya gerakan Koin Cinta untuk Bilqis pada 25 Desember 2008 lalu, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp 90 juta. Sekitar 10 posko bantuan untuk Bilqis sudah terbentuk di seluruh Indonesia untuk memudahkan bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar